Wednesday 14 July 2010

Salah kaprah tentang bisnis online


Sering dengar kata-kata atau baca tulisan-tulisan seperti ini : “Cara cepat dan mudah mendapatkan dollar di internet”. Saya tidak akan membahas tentang tulisan tersebut, tapi saya akan bercerita sedikit tentang efek yang disebabkan oleh tulisan tersebut. Bagi para pemula di bisnis internet, tulisan tersebut tentunya sangat menggoda menarik, dan memang biasanya isinya adalah tips dan trik bagaimana menjalankan bisnis online dengan benar sesuai dengan pengalaman si penulis. Sampai disini mungkin tidak ada yang salah, tapi setelah membaca dan menerapkan cara-cara yang ada di tulisan tersebut sebagian orang mulai merasa dan mungkin mulai mengatakan “Apanya yang gampang?” . Sebenarnya apa sih yang salah? Caranya? Penulisnya? atau yang mempraktekkan yang salah?. Menurut saya, ada beberapa hal yang perlu diluruskan tentang pendapat orang mengenai bisnis online :
  • Bisnis online itu mudah atau gampang atau gak susah atau apalah kata yang lain lagi. Mudah ya? Hmm,, kalo memang mudah, lalu kenapa nggak banyak orang yang bisnis online? Kenapa banyak juga yang berhenti? Pepatah lama mengatakan “Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ketepian; Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian” Jadi bisnis online sebenernya sama dengan bisnis offline, butuh waktu, butuh pengorbanan, butuh perjuangan, butuh kemauan (pokoknya yang seperti itulah, anda pasti juga tahu yang saya maksud). Bahkan seorang pebisnis online yang sukses tidak mungkin secara instan sukses, mereka pasti melewati proses pembelajaran.
  • Bisnis online itu cara cepat mendapatkan uang (apalagi uangnya dollar!! Wuihh,,). Fffuuh,, cepat? Kalau anda pikir cepat itu satu bulan, dua bulan, tiga bulan, mungkin anda harus memikirkan kembali untuk berbisnis online. Cepat itu relatif, bro, bisnis online tetep aja bisnis. Bisnis harus dibangun seperti membangun bangunan/rumah, bikin pondasinya, kemudian lantai, dinding, atap, dst..dst.. Jadi seperti tadi, tidak ada yang instan, harus dibangun, dikuatkan dulu pondasinya. Dan untuk membangun pondasi bisnis yang kuat tidak cukup dengan hanya waktu yang singkat yang mungkin sering didefinisikan satu-dua bulan tadi. Jacky Supit dari Jackbook pernah bilang bahwa kunci suksesnya dalam bisnis online adalah “Sabar”.
  • Bisnis online tidak memerlukan kerja keras seperti bisnis offline. Dari membaca poin satu dan poin dua tentunya anda sudah paham bahwa bisnis online tidak ubahnya dengan bisnis offline, anda perlu bekerja keras disana untuk sukses, perlu belajar, dan terus belajar. Seperti kata pepatah (halah pepatah lagi… :) ), “Tidak ada makan siang gratis di dunia ini”.
Yng paling penting kamu harus selalu berpikiran positif. ok
berikan komentar ya..

3 comments:

  1. saya sangat setuju dengan isi post ini. bisnes internet juga perlukan usaha dan skill serta ilmu yang sentiasa dicari...

    ReplyDelete
  2. Yupz..saya sangat sangat setuju..kalo kita sudah tau makna dr kata "bisnis" tentu juga akan berpikiran bhwa semua yang dilakukan dlm bisnis harus ada pengorbanan..entah itu wktu,pkrn atau bahkan modal..dlm bisnis gak seperti membalikkan telapak tangan atau sim salabim lgsg dpt jutaan atau ribuan $..tp namax manusia tak lepas dr nafsu..yg hanya ingin serba cepat :) mk tu akan cpt pula habisnya..
    slam knl newbie

    ReplyDelete